Cara Menghasilkan Uang dari Games Online

Blog Mas Dory - 7 cara menghasilkan uang dari game online yang kita mainkan, mungkinkah ?. Pernahkah kita melihat dan merenungkan berapa jumlah pengguna atau pemain game online yang ada di internet ?. Atau pernahkah kita berpikir bahwa kita bisa menghasilkan uang nyata dari game online yang kita mainkan ?. Dari apa yang sudah saya baca di beberapa situs di internet (saya lupa nama situsnya) beberapa bulan yang lalu, terdapat sekitar 6 juta pengguna aktif yang memainkan game online hanya untuk wilayah Indonesia saja. Rata-rata pengguna yang aktif memainkan game online ini berusia antara 15-34 tahun. Benar-benar jumlah yang sangat banyak pengguna game online ini. Lantas, bisakah kita menghasilkan uang dari game yang dimainkan secara online tersebut.

Saya sendiri bukan termasuk salah satu dari pengguna aktif permainan online yang ada di internet. Selain bukan hobi atau orang yang suka memainkan games online, bisa dibilang saya benar-benar tidak mempunyai bakat sama sekali saat bermain games online ini. Betapa tidak, mungkin jika saya survey sendiri, dari 10 kali main game online, 9 kali berakhir dengan kekalahan, 1 kali draw dan tidak pernah menang sama sekali. Jujur saya akui, saya benar-benar payah dalam bermain game online ini hehehe. Tapi ada yang saya suka dari game online ini, yaitu suka melihat ekspresi para pemain game online, khususnya pengguna game online yang menggunakan komputer publik atau warnet. Jadi teringat saat saya libur cuti kemarin, dan saya pergi ke warnet untuk scan dokumen dan sekalian ngeprint, di situ saya lihat ekspresi beberapa anak yang jejingkrakan saat memenangkan game online yang sedang dia mainkan.

Cara menghasilkan uang dari game online | Blog Mas Dory

Dari sanalah timbul beberapa pertanyaan dalam benak saya, bisakah kita mendapatkan uang nyata dari game online yang kita mainkan. Jika bisa, lantas bagaimana caranya. Dari pertanyaan-pertanyaan seperti ini yang membuat saya berusaha mengumpulkan berbagai informasi baik itu dari situs luar negeri maupun situs lokal yang membahas tentang berbagai macam cara mendapatkan uang di internet lewat game online yang kita mainkan.

Sebelumnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya jika informasi ini saya buat bukan berdasarkan pengalaman saya pribadi dalam menghasilkan uang dollar atau euro dari game online, karena seperti yang saya sebutkan diatas bahwa saya sendiri kurang hobi dan tidak berbakat bahkan cenderung payah saat bermain game online. Harapan saya, dari informasi yang saya baca dari belasan artikel dalam dan luar negeri tentang mandapatkan uang dari game online, dan saya rangkum menjadi satu artikel ini semoga bisa menginspirasi pembaca yang gemar dan mahir bermain game online untuk lebih mengoptimalkan hobi bermain permainan online, syukur-syukur bisa mendapatkan penghasilan sampingan dari bermain games online.

Berikut ini adalah beberapa kesimpulan atau garis besar cara memperoleh uang asli dollar, euro, rupiah yang ada hubungannya dengan games online yang dimainkan.
  1. Menjual game online buatan sendiri di ebay, amazon, dan situs jual beli lainnya.
  2. Paid to play video games online / dibayar untuk bermain games online.
  3. Paid to test video games online / dibayar untuk melakukan test percobaan terhadap games online yang akan atau baru diluncurkan.
  4. Bisnis menjual akun games online.
  5. Membuat blog gratis dengan topik atau tema tentang games online.
  6. Membuat video tutorial dan informasi games online untuk kemudian diupload ke youtube.
  7. Menulis atau membuat buku, ebook, file pdf, dll yang berisi tentang cheat dan trick, tutorial suatu games online ataupun offline untuk kemudian dijual atau dikomersilkan secara umum.
Saya akan coba bahas satu persatu tentang cara mendapatkan uang nyata berupa dollar, euro, rupiah lewat games online di atas mulai dari nomor 1 sampai dengan nomor 7 di bawah ini. Jadi, selamat membaca.

1. Menjual game online buatan sendiri di ebay, amazon, dan situs jual beli lainnya.


Cara pertama dalam memperoleh uang nyata dari games online adalah menjual atau mengkomersilkan games online buatan sendiri di situs ebay, amazon, dan situs jual beli lainnya. Cara ini mungkin lebih cocok buat programer yang telah mahir membuat games, termasuk games online. Saat saya mengunjungi situs ebay . com dan mengetik kata kunci buy games online, hasil pencarian yang muncul di situs tersebut adalah beberapa games yang dijual bervariasi antara IDR 51.000 sampai dengan IDR 300.000 rupiah untuk 1 kaset games dengan rata-rata negara asal penjual dari Amerika (United State), Inggris (United Kingdom), Spanyol, Jerman, dll.

Hal ini mungkin menunjukkan bahwa menjual games (online) buatan sendiri di ebay dan amazon bisa menjadi salah satu alternatif dalam mendapatkan uang dollar atau rupiah asli. Jadi buat pembaca yang kebetulan berprofesi sebagai programmer pembuat game, tidak ada salahnya kan jika mencoba cara pertama ini dalam memperoleh pendapatan tambahan dari games yang sudah dibuat.

2. Dibayar untuk memainkan games online / Paid to play online games.


Paid to play games online adalah situs game online yang membayar para user atau pemain online nya dengan uang nyata. Cara kedua dalam mencari penghasilan tambahan lewat games online ini mungkin cocok dilakukan oleh siapapun secara umum yang punya hobi atau gemar bahkan sudah termasuk level advance atau level mahir dalam bermain games online. Konsepnya adalah situs game online tersebut akan memberikan bonus, imbalan, reward, dan lain sebagainya kepada pemain online nya. Lantas kenapa sampai situs games online bisa memberikan uang sebenarnya kepada pemain online. Sejauh yang saya tahu, situs games online ini juga menjual item-item yang berhubungan dengan games mereka kepada pemain nya. Buat pemain online yang telah ahli dan handal, mereka bisa memainkan games online di situs tersebut tanpa membeli apapun yang ditawarkan, bahkan mereka bisa menghasilkan Dollar atau Euro nyata dari games online yang mereka mainkan secara gratis.

Ada banyak sekali situs games online yang membayar para user atau pemainnya di internet. Berikut ini adalah 2 situs paid to play games online yang membayar para user atau pemain nya dengan uang dolllar atau euro nyata hanya dengan memainkan games di situs mereka.

2. 1. MarketGlory . com
MarketGlory adalah game online strategi, ekonomi, sosial, dan permainan strategi militer yang memungkinkan user atau pemainnya untuk menukar poin atau uang virtual ke uang sebenarnya yang dikirim melalui akun paypal atau kartu kredit. MarketGlory membayar pemain nya menggunakan mata uang Euro dan syarat minimum penarikan jika poin atau uang virtual sudah mencapai 20 Euro.

Sebagai tambahan informasi tentang games online MarketGlory, Indonesia termasuk dalam top country nomor 2 dengan jumlah pemain mencapai 11.700 pemain games online ini dibawah negara Rumania yang mempunyai 16.600 pemain lebih. Sampai dengan informasi ini dibuat, pemain games online dari negara Rumania lah yang memegang rekor top income user dengan meraih penghasilan lebih dari 261.500 Euro disusul pemain permainan online dari negara Turkey dengan penghasilan lebih dari 165.000 Euro.

Menghasilkan uang dari games online MarketGlorycom | Blog Mas Dory

Untuk mendapatkan poin atau uang virtual di MarketGlory, user diharuskan salah satunya untuk work atau bekerja. MarketGlory hanya mengijinkan pemain nya work sebanyak 1 kali setiap 24 jam. Jadi pemain harus login ke MarketGlory minimal 1 kali setiap hari dan memainkan bagian work atau bekerja. Kabar baiknya adalah pemain bisa menantang bertarung atau fight pemain lainnya maksimal 10 kali fight setiap hari. Dari setiap work dan fight yang dimenangkan pemain, MarketGlory memberikan tambahan bonus poin atau uang virtual, Experience (Exp), Productivity, Knowledge, dll.

Selain itu, ada juga pilihan war atau perang yang bisa dimainkan dimana pemain atau user online bisa mendapatkan reward, medali yang bisa ditukar dengan uang Euro virtual. Uang Euro virtual inilah yang nantinya bisa ditukarkan dengan Euro asli yang dikirim lewat akun paypal pemain nya. Jika ingin menghasilkan atau mendapatkan uang Euro asli dari games online, silahkan kunjungi situs MarketGlory di marketglory . com.

2. 2. Dungeons-Treasures . com
Menghasilkan dollar dari games online berdasarkan jenis paid to play online games berikutnya adalah games online petualangan atau adventure bernama Dungeons & Treasures. Untuk mendapatkan dollar asli dari Dungeons-Treasures, pemain atau user games online ini harus mencari dan menemukan peti yang berada di ruang bawah tanah untuk memenangkan dan memperoleh emas. Setiap bulan karakter user atau pemain online akan di reset kembali ke nol dan emas yang sudah didapatkan dan dimenangkan tadi akan di convert atau di ubah ke mata uang virtual dollar Dungeons-Treasures DT $.

Menghasilkan uang euro asli dari games online adventure atau petualangan Dungeons-Treasurecom | Blog Mas Dory

Jika dalam akhir bulan tersebut pemain sudah mencapai minimal DT $ 5 (5 dollar Dungeons-Treasures), maka user atau pemain tersebut bisa meminta pembayaran ke Dungeons-Treasures dimana setiap DT $ 1 dihargai sebanyak 0,7 Euro untuk kemudian Dungeons-Treasures akan mengirimkan pembayaran tersebut lewat akun paypal pemainnya. Games online yang sangat menjanjikan, mengingat minimum payoutnya yang terbilang kecil yaitu sekitar 3,5 Euro. Selain itu pemain bisa mendapatkan lebih banyak emas dan uang cash dari bonus games seperti jackpot, treasure hunt, jousts, contests quest, dan lain-lain. Tertarik ingin menghasilkan uang euro asli dari games online Dungeons-Treasures, langsung kunjungi situs games online nya di Dungeons-Treasures . com.

Untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang situs games online mana saja yang membayar pemainnya dengan uang dollar, euro asli, anda bisa browsing di google dengan kata pencarian "paid to play online games". Silahkan pilih situs yang muncul di hasil pencarian google tersebut yang paling sesuai dengan apa yang pembaca inginkan.

3. Dibayar untuk melakukan uji coba suatu games online / Paid to tested online games.


Cara berikutnya dalam mendapatkan penghasilan uang dollar atau euro asli lewat permainan online adalah dengan paid to tested online games. Suatu sistem dimana situs games online akan membayar pemainnya setelah pemain tersebut melakukan test atau percobaan terhadap games yang akan atau baru diluncurkan secara online oleh situs games tersebut. Tentunya pemain tersebut harus memberikan pendapat, kesimpulan, penilaian dari uji coba yang telah mereka lakukan terhadap games online tersebut. Dengan kata lain, pemain tersebut bisa dibilang pekerja quality control part time suatu games online.

Salah satu strategi websites atau situs pengembang games online dalam menyempurnakan games buatan mereka adalah dengan melakukan survey poin-poin tertentu yang berhubungan dengan games tersebut kepada para netter (user atau pemain). Misalnya seberapa baik tampilan atau graphic, background musik yang digunakan, seberapa mudah kontrol atau kendali saat bermain, seberapa tinggi tingkat kesulitan (difficulty level) games online tersebut terhadap pemain nantinya, dan masih banyak lagi poin-poin yang dinilai.

Diharapkan dari penilaian para pemain nya ini, bisa menambah nilai atau popularitas suatu games online yang akan atau baru diluncurkan. Sedangkan pemain yang melakukan uji coba tersebut mendapatkan dollar dari hasil jerih payah mereka saat melakukan tes suatu games online. Tertarik untuk melakukan cara ketiga ini dalam menghasilkan uang asli dari games online, langsung saja kunjungi situs paid to tested online games di Game-Testers . net.

4. Bisnis menjual akun games online.


Cara ke empat dalam menghasilkan uang asli dari games online adalah dengan menjual akun games online tersebut dan di promosikan secara publik atau umum. Sangat banyak pengguna internet yang hobi dan gemar memainkan games online ini, termasuk juga pemain permainan online dari Indonesia. Dan banyak juga diantara mereka yang tidak ingin memulai games online dari awal atau dari nol. Jadi buat pembaca yang kebetulan mahir dalam bermain, tidak ada salahnya menjadikan jual beli akun games sebagai bisnis online dalam menghasilkan uang asli.

Sebisa mungkin jangan melakukan cara ini untuk games online yang masuk kategori paid to play di atas, karena semakin tinggi level atau tingkatan, semakin besar kemungkinan mendapatkan uang asli dari games online tersebut. Selain itu kebanyakan situs games online tidak mengijinkan dan akan membanned akun games online yang di jual belikan. Sejauh yang saya tahu PlayerAuctions adalah tempat yang baik untuk memulai bisnis menjual akun games online. Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana menjual akun games online di PowerAuctions, silahkan kunjungi situs nya di PowerAuctions . com.

5. Membuat blog gratis dengan topik atau tema tentang games online.


Cara kelima dalam menghasilkan uang dollar, euro, rupiah asli dari games online adalah dengan membuat blog gratis yang berisi informasi tentang games online. Cara ini mungkin cocok buat pembaca yang sangat aktif dan up to date terhadap games online terbaru. Membuat artikel tentang games online seperti cheat suatu games online tertentu, atau memberikan informasi terntang games online terbaru tahun 2015 yang baru diluncurkan bisa menjadi topik yang tidak akan pernah habis untuk dibahas.

Lantas darimana kita bisa menghasilkan uang asli lewat blog yang bertopik permainan online tersebut. Sejauh yang saya tahu ada beberapa cara menghasilkan dollar dari blog games online, seperti menayangkan iklan mandiri di blog dimana pemilik blog games tersebut menyediakan space iklan untuk para advertiser dengan biaya tertentu per periode tertentu (mis seratus ribu rupiah perbulan), atau bisa juga menjalin kerjasama dengan google dalam menayangkan iklan, dan beberapa cara lainnya. Salah satu blog gratis yang membahas tentang games adalah FreeGamer . blogspot . com.

6. Membuat video tutorial dan informasi tentang games online kemudian di upload ke youtube.


Cara keenam dalam menghasilkan uang dollar asli dari games online adalah dengan membuat video tutorial atau video yang berhubungan dengan games kemudian upload video tersebut ke youtube. Cara dalam mendapatkan uang dari games online lewat video ini bisa dibilang cara kreatif memanfaatkan skill dan pengetahuan tentang games online kemudian menggabungkan dengan kemampuan membuat video agar terlihat apik dan bagus untuk ditonton. Agar video tentang games online di youtube bisa menghasilkan uang dollar asli, yang pertama harus dilakukan adalah menjalin kerjasama dengan google untuk menayangkan iklan di halaman video tentang games online tersebut. Untuk caranya silahkan googling saja, karena saya rasa sudah sangat banyak blogger yang memberikan tutorial tentang menayangkan iklan di youtube ini.

Salah satu contoh nama pengguna youtube.com yang memuat video tentang games dan games online adalah "YouAlwaysWin", mempunyai subscribers atau pelanggan sebanyak 1.200.000 lebih dan menghasilkan rata-rata 100.000 an tayangan untuk video yang baru di upload 1 hari dengan jumlah video games online yang diupload sebanyak 3400 lebih video. Bisa dibayangkan berapa dollar asli yang dihasilkan atau didapatkan setiap bulan dari video tentang games online. Tertarik, langsung saja buat video tentang tutorial dan informasi games online ini untuk kemudian di unggah ke youtube.

7. Menulis atau membuat buku, ebook, file pdf, dll yang berisi tentang cheat dan trick, tutorial suatu games online ataupun offline.


Cara ketujuh menghasilkan uang dari games online adalah dengan membuat buku, ebook yang berisi tentang cheat dan trick, tutorial suatu games online ataupun segala jenis games. Saat libur cuti kemarin, saya sempat membeli CD PES PS 2 karena kebetulan punyanya cuma PS 2 di rumah. Di toko games CD PS 2 tersebut terdapat belasan jenis buku tentang cheat dan trick berbagai games dengan harga 30.000 sampai 50.000 ribu rupiah. Saya sempat bertanya kepada penjual CD PS 2 apakah buku cheat dan trick games tersebut banyak yang cari atau banyak peminatnya. jawab penjualnya ternyata banyak juga yang cari buku cheat dan trick, dan tutorial tentang berbagai games.

Dari banyaknya peminat yang mencari berbagai macam buku cheat atau cara dalam menyelesaikan semua level saat bermain games ini, bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha mencari uang bagi anda yang hobi atau gemar dan mahir bermain games online. Bisa dibilang cara ketujuh dalam mendapatkan uang asli dari menulis dan membuat buku tentang cheat dan tutorial tentang games ini bisa menghasilkan uang cash atau langsung, walaupun diperlukan biaya juga saat membuat dan mencetak buku games online tersebut. Untuk menekan pengeluaran biaya pembuatan dan percetakan buku, mungkin bisa disiasati dengan cara berikutnya yaitu dengan membuat ebook tentang tutorial games online dan menjual produk ebook games tersebut secara online di situs jual beli yang ada.

Kesimpulan artikel ini adalah mungkinkah kita bisa menghasilkan uang asli dari games online ?. selama kita mau berusaha untuk maju, ada kemungkinan kita masih bisa menghasilkan uang dollar, euro, dan rupiah asli bahkan dari hobi dan kegemaran kita dalam bermain games online. Diperlukan usaha yang cerdas, kesabaran, dan tawakal untuk bisa memperoleh uang dari hobi games online ini. Membutuhkan waktu yang tidak sedikit dalam mengembangkan usaha dari games online ini. Jadi buat pembaca yang kebetulan mempunyai hobi dan mahir bermain games online, mungkin ada baiknya jika kita mulai menyalurkan hobi kita tersebut dalam menghasilkan uang.

Anda punya pendapat lain atau ingin menambahkan games online yang bisa menghasilkan uang asli, tolong jangan ragu-ragu untuk menambahkan nya dengan berkomentar dibawah ini. Demikian informasi ini saya buat, mohon maaf atas segala kekurangan, terima kasih atas perhatiaannya. Sekian dan semoga bermanfaat buat pembaca semua.
Reviewer: Dory Saputro
on: 3/02/2015, Rating: 5
ItemReviewed: Cara Menghasilkan Uang dari Games Online
Descripton: Blog Mas Dory - 7 cara menghasilkan, mendapatkan, memperoleh uang dollar, euro, rupiah asli dari hobi atau kegemaran bermain games online.