Sumber Energi Pengganti Minyak Bumi dan Batubara

Blog Mas Dory - Informasi ini berisi tentang beberapa sumber energi alternatif paling potensial yang bisa digunakan untuk melengkapi, bahkan untuk mengganti sumber energi Migas (minyak bumi dan gas) dan non migas seperti batubara, dll. Sesuai dengan judul artikel saya diatas, informasi ini berisi tentang sumber energi alternatif apa saja yang mungkin bisa di gunakan selain dari sumber energi yang telah kita kenal dan kita gunakan tersebut. Tidak bisa dipungkiri bahwa minyak bumi, batubara, dsb sudah menjadi sumber energi yang paling banyak dipakai hampir di semua kota atau negara manapun di belahan dunia ini. Bahkan saya sendiri tidak tahu apakah ada kota atau negara yang tidak menggunakan sumber energi tak terbarukan tersebut.

Namun untuk mengambil sumber energi seperti minyak bumi, batubara diperlukan investasi dan biaya yang sangat besar di dalamnya. Yang saya lihat dari beberapa perusahaan pertambangan batubara tempat saya bekerja, membutuhkan setidaknya jutaan dollar untuk membeli 1 unit alat muat atau 1 unit angkut skala super besar, dan terdapat puluhan bahkan ratusan alat berat seperti itu di perusahaan pertambangan kelas menengah sampai kelas raksasa. Saya yakin memerlukan biaya yang sama bahkan lebih besar untuk mengambil sumber energi seperti minyak bumi dan gas alam. Saya sendiri pusing jika harus di suruh menghitung berapa investasi total yang dibutuhkan perusahaan pertambangan jika ditambah biaya membayar gaji ribuan karyawan, biaya operasional bbm alat berat, biaya perawatan alat tersebut, dan segudang biaya lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu-persatu. Pokoknya investasinya banyak banget dech.

Selain itu sumber energi yang berasal dari minyak bumi, batubara merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Memerlukan waktu yang sangat-sangat lama (jutaaan tahun) buat alam untuk menghasilkan minyak bumi dan batubara yang kita gunakan sekarang. Dengan pola konsumsi dunia terhadap minyak bumi, batubara, dan sumber energi tidak terbarukan lainnya, bisa dipastikan sumber energi ini akan habis dan tidak bisa kita gunakan lagi di kemudian hari.

Bisa jadi 200, 300, atau 400 tahun dari sekarang, anak cucu kita tidak lagi mengenal yang namanya pertambangan atau bahan galian berupa minyak bumi, batubara, dan sumber energi tak terbarukan lainnya. Itu dikarenakan kita telah mengambil dan mempergunakannya saat ini.

Lantas bagaimana dengan peralatan yang kita punya yang menggunakan sumber energi tersebut, seperti sepeda motor, mobil, truk, mesin-mesin perindustrian, mesin pabrik, alat transportasi lain seperti kereta api, sampai pesawat terbang yang sebagian besar menggunakan bahan bakar hasil dari minyak bumi dan batubara tersebut. Apakah semua benda dan peralatan tersebut tidak akan bisa kita pakai dan kita gunakan lagi di masa mendatang. Dan apakah tidak ada sumber energi alternatif lainnya yang bisa kita gunakan, yang membutuhkan biaya lebih efisien, murah, mempunyai sifat terbarukan yang artinya sumber energi tersebut bisa terus bisa kita gunakan untuk mempermudah pekerjaan kita tanpa harus khawatir sumber energi tersebut akan habis dan lenyap dari muka bumi.

Asap yang dihasilkan dari industri yang menggunakan migas dan batubara | Blog Mas Dory

Saya menyadari bahwa saya bukan orang pintar, bahkan cenderung bodoh jika bicara tentang hal ini. Karena saya tidak bisa menciptakan peralatan yang memanfaatkan sumber energi alternatif yang terbarukan sebagai bahan bakarnya. Namun saya yakin sudah mulai banyak orang-orang pintar di berbagai negara, mulai dari negara maju sampai dengan negara tercinta Indonesia ini yang memikirkan hal ini. Bahwa kita tidak bisa terus menerus bergantung kepada sumber energi yang bisa habis dan tidak bisa dihasilkan dalam waktu cepat.

Beberapa hal dibawah ini adalah sumber energi alternatif yang dapat diperbaharui dan mungkin bisa dijadikan sebagai sumber energi utama dalam kehidupan kita sampai dengan anak cucu kita nantinya.

1. Cahaya dan panas matahari sebagai sumber energi.


Dengan memanfaatkan cahaya dan panas yang dihasilkan matahari mungkin bisa menjadi sumber energi alternatif paling potensial yang bisa digunakan secara luas nantinya. Jika tumbuh-tumbuhan dan pepohonan menyerap cahaya dan panas matahari untuk kemudian diubah menjadi energi untuk tumbuh, berkembang, dan berbuah; maka manusia bisa memanfaatkan cahaya dan panas matahari ini sebagai sumber energi alternatif dengan menyerap energi panas matahari melalui solar cell untuk kemudian di ubah menjadi energi listrik yang sangat berguna buat kebutuhan sehari-hari.

Bangunan, rumah yang menggunakan panel solar cell di atapnya | Blog Mas Dory

Solar cell juga bisa dipasang di hampir seluruh bagian di bumi ini karena sebagian besar wilayah di bumi menerima sinar matahari dengan baik. Itu kenapa panas matahari yang diserap dan di konversikan menjadi energi listrik menjadikan sumber energi ini paling menjanjikan sebagai pengganti sumber energi tak terbarukan dari minyak bumi dan batubara. Minimal dengan adanya sumber energi alternatif dari panas matahari bisa mengurangi ketergantungan dunia terhadap penggunaan minyak bumi dan batubara.

2. Sumber energi alternatif dari angin.


Sumber energi alternatif paling potensial pengganti minyak bumi dan batubara berikutnya adalah angin. Hampir seluruh tempat di permukaaan bumi memiliki angin yang berhembus. Konsep nya dengan memanfaaatkan hembusan angin tersebut untuk menggerakkan kincir angin yang kemudian gerakan dari kincir angin akan dikonversikan atau diubah menjadi energi listrik.

Kincir sebagai pembangkit listrik energi angin | Blog Mas Dory

Selain sifatnya yang terbarukan, sumber energi alternatif dengan memanfaat kan angin ini bisa dibilang juga lebih ramah lingkungan, sama dengan sumber energi yang memanfaatkan panas matahari di atas. Dengan penggunaan secara massal, ada kemungkinan sumber energi alternatif dari angin ini bisa mengurangi kecenderungan kita memakai sumber energi yang berasal dari minyak bumi dan batubara yang selain tidak terbarukan, mungkin juga agak kurang ramah lingkungan. Jadi tidak ada salahnya jika dikemudian hari kita bisa lebih mengoptimalkan penggunaan energi listrik yang berasal dari angin ini.

3. Air, sumber energi alternatif yang memanfaatkan sifat air dan gravitasi bumi.


Air, yang sudah terkenal sebagai salah satu elemen sumber kehidupan dari semua makluk hidup di bumi ini, ternyata juga menyimpan sumber energi alternatif penghasil listrik yang besar. Konsepnya dengan memahami sifat air yang selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah, dan juga memanfaatkan daya gravitasi bumi, maka kita bisa memanfaatkan energi yang dihasilkan air tersebut untuk memutar turbin, kincir air yang berada di bawah nya untuk bisa menghasilkan energi listrik yang kemudian bisa kita pakai dalam kehidupan kita.

Bendungan, dam, pembangkit listrik tenaga air dan gravitasi bumi | Blog Mas Dory

Walaupun tidak semua tempat di dunia ini yang memiliki tempat air berlebih, namun menghasilkan energi listrik dengan memanfaatkan sifat air dan gravitasi bumi ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan, khususnya buat daerah atau tempat yang memiliki cadangan air berlimpah untuk menghilangkan kebiasaan kita memakai minyak bumi dan batubara dalam menghasilkan energi.

4. Air, sumber energi alternatif dengan memanfaatkan arus bawah air tersebut.


Jika sebelumnya kita bisa menggunakan air sebagai penghasil energi listrik alternatif dengan memanfaatkan sifat air dan gravitasi bumi (perbedaan tinggi tempat air), mungkin kita juga bisa memanfaatkan energi yang terdapat dalam arus bawah air untuk memutar turbin yang kemudian bisa menghasilkan energi listrik.

Turbin, pembangkit listrik tenaga air, arus bawah air | Blog Mas Dory

Setidaknya terdapat sumber energi yang besar yang ada dalam arus bawah air, baik itu arus bawah air tawar seperti sungai, danau, dll maupun arus bawah air laut. Jika saja kita bisa memanfaatkan kekuatan arus bawah air ini untuk memutar turbin atau kincir air yang diletakkan dalam air, yang kemudian hasil pergerakan turbin tersebut digunakan untuk menghasilkan energi listrik, maka bukannya tidak mungkin jika sumber energi alternatif ini nantinya juga bisa mengganti peranan minyak bumi dan batubara.

5. Petir, sumber energi alternatif yang menyimpan jutaan Megawatt listrik didalamnya.


Sumber energi lainnya yang paling menjanjikan dan bisa kita gunakan di masa mendatang menggantikan minyak bumi dan batubara adalah petir. Konsepnya adalah dengan memahami sifat-sifat petir, mulai dari bagaimana petir bisa terjadi, di kondisi seperti apa petir itu menyambar, dll dengan begitu nantinya kita bisa menangkap, menyimpan, menstabilkan petir yang menyambar peralatan atau pembangkit listrik tenaga petir yang dibuat untuk kemudian mendistribusikan energi listrik dari petir tersebut.

Petir sumber energi alternatif | Blog Mas Dory

Suatu konsep yang sangat luar biasa jika kita bisa benar-benar bisa merealisasikan pembangkit listrik tenaga petir ini. Dan diharapkan energi listrik yang didapat dari sambaran petir juga bisa menjadi sumber energi alternatif pengganti minyak bumi dan batubara yang selama ini kita gunakan.

Sejauh yang saya tahu, dari ke lima sumber energi alternatif di atas, mungkin baru 3 yang benar-benar telah dibuat dan digunakan oleh beberapa negara di dunia ini, yaitu sumber energi yang memanfaatkan panas matahari, sumber energi yang memanfaatkan angin, dan sumber energi yang memanfaatkan sifat air dan gravitasi bumi. Sedangkan sumber energi yang bisa dihasilkan dari arus bawah air dan sumber energi yang didapat dari sambaran petir adalah khayalan saya yang bodoh ini yang sangat berharap semoga esok hari ada generasi-generasi muda cemerlang negeri ini yang benar-benar bisa mewujudkan harapan dan keinginan ini. Yaitu mengubah pola konsumtif dan ketergantungan kita terhadap minyak bumi dan batubara yang notabene adalah sumber daya alam yang tak terbarukan, dan kemudian beralih ke sumber energi yang terbarukan dan lebih ramah terhadap bumi ini.

Mungkin masih ada lagi sumber energi alternatif lain pengganti minyak bumi dan batubara ini yang tidak saya ketahui. Jika anda sedang membaca tulisan saya ini, dan kebetulan mengetahui sumber energi alternatif paling menjanjikan lainnya pengganti minyak bumi dan batubara, mohon jangan ragu-ragu untuk menambahkan komentar anda dibawah ini. Tidak peduli bahwa sumber energi tersebut masih dalam impian atau belum benar-benar terwujud di kehidupan nyata, siapa tahu harapan dan impian kita bisa diwujudkan oleh anak cucu generasi kita mendatang.
Reviewer: Dory Saputro
on: 2/23/2015, Rating: 5
ItemReviewed: Sumber Energi Pengganti Minyak Bumi dan Batubara
Descripton: Blog Mas Dory - Sumber energi alternatif pengganti minyak bumi dan batubara yang berasal dari panas matahari, angin, air, dan petir.