Menghitung Ketersediaan Alat di Tambang

Blog Mas Dory - Cara menghitung presentase ketersediaan alat di tambang. Saya coba berbagi pengalaman tentang cara menghitung ketersediaan alat di tambang baik itu ketersediaan alat muat (Excavator, Power Shovel, dll) ataupun ketersediaan alat angkut (Dump Truck, Articulated Dump Truck, HD, dll). Sebenarnya informasi ini sangat cocok buat level foreman atau pengawas tambang. Karena rumus ketersediaan alat ini adalah dasar untuk menghitung produktifitas suatu alat di tambang tempat foreman tersebut berada.

Sedangkan tujuan untuk menghitung produktifitas suatu alat adalah untuk mengetahui seberapa efektif alat tersebut bekerja di tambang. Dengan begini kita bisa menentukan berapa target produksi yang ingin dicapai suatu perusahaan pertambangan dari alat-alat yang tersedia di dalamnya. Jika target produksi sudah ditentukan dan ternyata tidak memenuhi target tersebut, faktor apa saja yang menyebabkan target produksi tidak tercapai. Apakah faktor produktifitas alat atau faktor lain.

Ilustrasi grafik | Blog Mas Dory

Oleh karena itu, sebelum saya memberikan informasi tentang cara menghitung produktifitas alat (muat dan angkut), saya akan membagikan informasi menghitung ketersediaan alat di tambang ini terlebih dahulu. Karena masing-masing hasil dari rumus ketersediaan alat ini akan digunakan untuk menghitung produktifitas alat nantinya. Saya harap anda bisa memahami ini.

Ketersediaan alat di tambang bisa di diketahui dari melihat 4 faktor yang ada dari alat tersebut.

1. Ketersediaan Mekanis atau Mechanical availability (Ma).


Mengetahui ketersediaan alat dengan memperhitungkan waktu yang hilang karena kerusakan di bagian mekanikal seperti kerusakan mesin atau bisa juga perawatan unit atau alat. Berikut ini rumus untuk menghitung mechanical availability suatu alat (hasilnya dalam %).
\(\begin{equation} M_{a}=\frac{J_{k}}{J_{k}+J_{r}}\times100 persen \end{equation}\)


2. Ketersediaan Fisik alat atau physical availability (Pa).


Mengetahui ketersediaan alat dengan memperhitungkan waktu yang hilang disebabkan oleh banyak hal selain kerusakan mekanikal di atas. Contohnya seperti hujan, jalan licin, dll. Berikut ini rumus untuk menghitung Physical Avalability suatu alat (hasil dalam %).
\(\begin{equation} P_{a}=\frac{J_{k}+S_{tb}}{J_{k}+J_{r}+S_{tb}}\times100 persen \end{equation}\)


3. Ketersediaan Pemakaian alat atau Used availability (Ua).


Mengetahui ketersediaan alat dengan memperhitungkan waktu yang hilang padahal tidak terjadi kerusakan di bagian mekanikal dan tidak ada sebab yang jelas seperti tidak sedang hujan atau tidak ada jalan licin, namun alat di standby kan. Hal ini berhubungan dengan manajemen perusahaan dalam mengelola alat yang dimilikinya. Berikut ini rumus yang digunakan untuk menghitung Used Availability suatu alat (hasil dalam %).
\(\begin{equation} U_{a}=\frac{J_{k}}{J_{k}+S_{tb}}\times100 persen \end{equation}\)


4. Penggunaan efektif alat atau Effective utility (Eu).


Mengetahui ketersediaan alat dari keseluruhan jam kerja alat setelah dibagi dengan penjumlahan jam kerja, jam rusak, dan jam standby alat. Berikut ini rumus untuk menghitung Effective utility suatu alat (hasil dalam %).
\(\begin{equation} E_{u}=\frac{J_{k}}{J_{k}+J_{r}+S_{tb}}\times100 persen \end{equation}\)
Keterangan :
\(\begin{equation}J_{k}\end{equation}\) = Jumlah total jam kerja alat pada saat alat dapat dioperasikan.

\(\begin{equation}J_{r}\end{equation}\) = Jumlah total jam saat alat dalam kondisi rusak (breakdown), sedang atau belum diperbaiki karena alasan menunggu suku cadang (waiting parts).

\(\begin{equation}S_{tb}\end{equation}\) = Jumlah total jam stanby alat, dimana alat tidak dapat dioperasikan namun alat sedang dalam keadaan baik (tidak sedang rusak atau waiting parts). Contohnya standby hujan, slippery (jalan licin akibat hujan), dll.

Nah sekarang kita telah mengetahui ketersediaan alat dari mechanical, physical, used, dan effective availability suatu alat. Informasi berikutnya adalah tentang cara menghitung productivity suatu alat dalam pertambangan. Jadi tetap semangat dan gali ilmu tentang pertambangan sebanyak yang anda bisa.
Reviewer: Dory Saputro
on: 1/02/2015, Rating: 5
ItemReviewed: Menghitung Ketersediaan Alat di Tambang
Descripton: Blog Mas Dory - Rumus menghitung ketersediaan alat di tambang dilihat dari mechanical, physical, used, dan effective availability alat tersebut.